Monday, December 2, 2013

MISTIK

1.pengertian mistik

kata mistik berasal dari barat,dalam bahasa yunani yaitu "muo" yang artinya menyembunyikan,menutup mata atau mulut. Hal ini sebenarnya berkaitan dengan kondisi pelaksanaan ritual keagamaan pada zaman pra-kristiani yang bersifat raharia. Kemudian,pada awal marehi,mistik berfungsi sebagai sarana penafsiran makna alegori ajaran kristiani,sehingga istilah mistik dirasuki makna religius dan doktrina



dalam perkembangannya, mistik,terutama pada istilah sehari-hari,mendapatkan makna yang negatif.seperti dikatakan,kadan-kadang mistik disamakan dengan ilmu hitam,perdukunan dan bahkandianggap sebagai gejala pelarian dari dunia nyata.

Kenyataan ini membuktikan bahwa sesuai dengan perkbmbangannya,istilah mistik memperoleh konotasi bermaca-macam sesuai dengan yang memberi makna,sebagaimana F.C.Happold mbngatakan"...different connotations to different mind...".

Dalam istilah islam sendiri istilah mistik berarti al ghoib yang berarti sesuatu yang tak terlihat. Yang termasuk didalamnya tentang ruh,jin,setan,serta sifat-sifat ketuhanan seperti arrohman, arrohim alloh.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.